Jangan tiup minuman panasmu!

Sore sore ujan gede, pas banget emang waktunya buat bikin segelas kopi hangat. Pas kopinya udah jadi, ternyata airnya masih terlalu panas. Enak nih kayaknya diseruput sedikit, tiup dulu ahhh….

STOOPP!!
Eh kenapa? Kok gak boleh ditiup kopinya? Nyokap bilang, ada hadist Nabi Muhammad yang ngelarang kita meniup didalam gelas, hal itu termasuk tiup minuman panas.
Ah masa sih? Kenapa ga boleh ya? Karena gue orangnya penasaran, gue minta tolong mbah Google deh buat nyari tau tentang masalah ini. Dan ini yang gue dapet:
Pertama-tama, kita denger dulu hadist Nabi Muhammad SAW berikut ini:

“Bahwasanya Nabi Shallallaahu alaihi wa Salam melarang bernafas pada bejana minuman atau meniupnya”.
(HR. At Turmudzi )

Ternyata penjelasan logisnya itu dateng dari unsur kimia.  Gue dapet dari salah satu milis kimia di Indonesia, ada yang menjelaskan secara teori bahwa apabila kita hembus napas pada minuman, kita akan mengeluarkan CO2 yaitu karbon dioksida yang apabila bercampur dengan air (H20), akan menjadi H2CO3, yaitu sama dengan cuka, menyebabkan minuman itu menjadi acidic (berarti kalo kita meniup minuman panas sama dengan minum cuka). Dan perlu kita ingat juga bahwa Rasulullah SAW menyuruh kita ketika minum seteguk demi seteguk, jangan langsung satu gelas sambil bernapas di dalam gelas, hal ini juga dilarang, ternyata saya baru tahu sekarang hikmahnya, bahwa ketika kita minum langsung banyak, maka ada kemungkinan kita akan bernapas di dalam gelas, yang akan menyebabkan reaksi kimia.
Ohhh begituuu ya, jadi daripada niupin minuman panas, mending kita BBMan dulu. Betul nggak??? hehehe🙂

About luthfandanaswara

You meet me - You laughing with me - Then you will know me ^_^

Posted on 23 February 2011, in Tips & Trick and tagged , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: